3 Tips Sebelum Membentuk Sebuah Band

Udah minum susu belum?

Kamu ingin membuat sebuah Band? Apalagi Band yang akan kamu bentuk adalah Band yang mungkin suatu saat nanti akan menjadi sebuah Band yang Keren. Tapi menurut saya, keren itu relatif ya. Artinya, keren dimata kita belum tentu keren menurut pandangan orang lain. Akan tetapi, jika kamu ingin membuat sebuah Band, wajib hukumny untuk membuat Band milikmu terlihat keren, walaupun itu hanya menurut kamu sendiri. Lalu, mengapa harus keren?
Grup Band
rhombus528.deviantart.com

Keren disini dalam mencakup dua aspek. Yaitu, keren secara lagu dan keren secara visual atau tampilan. Karena untuk memnjadi sebauh grup Band yang keren tidaklah cukup hanya bermodalkan lagu yang keren saja, tapi juga aksinya. Baik itu diatas panggung, tampilan kostum, maupun penampilan saat di video klip lagu yang kamu buat.

Sebagai contoh kiblat agar kamu punya pandangan sebelum membuat sebuah Band, kamu bisa menonton film SLANK GAK ADA MATINYA. Didalam film yang dirilis beberapa tahun yang lalu diceritakan bagaimana seorang anak remaja bernama Bimbim yang membentuk sebuah Band bersama teman-temannya dan bagaimana akhirnya dia bisa mempertahankan sebuah Band dalam waktu yang sangat lama walaupun sempat berganti-ganti personil.
Slank Gak Ada Matinya
www.slank.com

Setelah itu, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini untuk membentuk sebuah Band yang terdengar dan terlihat keren dimata kamu dan juga dimata orang lain.

1. SKILL

Memang skil bukanlah segalanya, tapi menurut saya itu penting. Pernah dengar Teenage Death Star? Sebuah band yang sangat terkenal dengan jargonnya yaitu 'Skill is dead. Lets Rock!' itu mungkin memang ada benarnya juga. Mereka memang bukanlah band yang memiliki skill diatas rata-rata layaknya band Indonesia lainnya seperti Dewa19 atau Gigi, yang para personilnya memiliki kualitas penguasaan instrumen tingkat tinggi untuk masing-masing bidang.
Skill
turnaraoundtour.com

Tapi, bukan berarti Teenage Death Star tidak memiliki keahlian sama sekali. Jika mereka tidak memiliki keahlian,  mungkin tidak akan pernah muncul lagu sekeren 'Absolute Beginner Terror'

Yang dibutuhkan adalah keahlian menulis lirik, keahlian dasar bermain musik, pengetahunan tentang nada dasar, hingga bagaimana cara beraksi di panggung musik. Jika hal tadi tidak dimiliki, tidak akan mungkin sebuah band menjadi keren. Mustahil.


2. Buat dan Bawakan Lagu Karya Sendiri.

Sudah banyak sekali Band baru yang jika membawakan lagu buatan sendiri, mereka tidak percaya diri. Lebih jauh lagi, mereka malahan lebih percaya diri untuk membawakan lagu dari orang lain atau lebih tepatnya meng-cover.
Copyright
mrsquinby.weebly.com

Lalu jika hal tersebut terus dilakukan, bagaimana bisa band kamu mempunyai sebuah karakteristik atau ciri khas yang tergambar dari lagu yang dibuat?

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu tidak harus selalu meng-cover lagu orang lain. Kamu bisa sesekali menyisipkan lagu karya sendiri kemudian diselingi cover lagu milik orang lain dan tentunya harus kamu aransemen ulang dengan ciri khas masing-masing agar terlihat berbeda dan tentunya lebih unik. Niscaya, band kamu akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dari waktu ke waktu.


3. Karakter Band

Band seperti The Upstairs tidak mungkin akan bertahan lama hingga saat ini jika tidak mempunyai konsisten dengan aliran New Wave yang mereka bawakan setelah berkali-kali ganti personil. Ataupun Band Seringai yang tidak akan menjadi besar seperti sekarang jika sejak awal tidak menampilkan karakter musiknya yang High Octane Rock.
Seringai band
lawlessjakarta.com

Kita bisa belajar dari The Upstairs, walaupun berkali-kali berganti personil, mereka tetap setia dengan karakter musik yang sejak awal mereka miliki. Ini menunjukkan bahwa band tersebut mempunyai karakter yang kuat dan konsistensi sejak awal berdiri.
The Upstairs
phillar.wordpress.com

Jadi dapat disimpulkan bahwa, bangunlah karakter dari jenis musik yang dimainkan oleh band mu sejak dini, atau jika tidak, Band milikmu akan tenggelam dilupakan seiring berjalannya waktu.


Oke mungkin cukup saampai disini saja dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »